Google+ Followers

Sabtu, 26 Januari 2013

WAKTU TIDUR IDEAL SESUAI USIA

Waktu tidur ideal sesuai usia


sleep.jpg

Tidur merupakan salah alah satu kebutuhan pokok Manusia selain makan,minum dan Tempat tinggal namun sayangnya banyak orang yang mengesampingkan & lebih memilih mengorbankannya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting seperti menonoton film,clubbing,smsan,dll...
Kali ini saya akan berbagi informasi tentang pentingnya tidur & waktu yang ideal sesuai usia, berikut infonya:

WAKTU TIDUR IDEAL SESUAI USIA

1.Usia 0-2 Bulan.
Bayi yang usianya baru mencapai dua bulan, umumnya membutuhkan tidur 12 sampai 18 jam setiap hari.

2.Usia 3-11 Bulan.
Pada usia ini, bayi membutuhkan waktu tidur 14 jam sampai 15 jam setiap hari, termasuk tidur siang. Masa-masa itu sangat penting bagi kehidupan mereka. Tidur yang cukup akan membuat tubuh dan otak bayi berkembang baik dan normal.

3.Usia 3-5 Tahun
Di usia anak menjelang masuk sekolah ini, mereka membutuhkan waktu untuk istirahat tidur 11 jam sampai 13 jam, termasuk tidur siang. Ini sangat penting. Sebab, menurut penelitian anak usia di bawah lima tahun yang kurang tidur, akan berpengaruh pada status obesitas di kemudian hari.

4.Usia 5-10 Tahun
Anak-anak usia sekolah ini membutuhkan waktu tidur 10 jam sampai 11 jam. Menurut penelitian, anak yang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, dapat menyebabkan mereka menjadi hiperaktif, tidak konsentrasi belajar, dan memiliki masalah pada perilaku di sekolah. Penelitian telah menunjukkan.

5.Usia 10-17 Tahun
Memasuki usai remaja, manusia membutuhkan tidur harian antara 8 jam dan 9 jam. Studi menunjukkan bahwa remaja yang kurang tidur, lebih rentan terkena depresi, tidak fokus, punya nilai sekolah yang buruk, bahkan kecelakaan mobil.

6.Usia 17 Tahun keatas
Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7 jam hingga 9 jam setiap hari. Para dokter menyarankan bagi mereka yang ingin hidup sehat untuk menerapkan aturan ini pada kehidupannya.

AKIBAT DARI KURANG TIDUR

Kurang tidur mengakibatkanMeningkatnya risiko obesitas ini dipengaruhi oleh fungsi hormon yang terganggu sehingga seseorang akan lebih cepat merasa lapar Tidur adalah waktu untuk sel-sel tubuh melakukan regenerasi. Baik hormon maupun sistem imun bekerja dengan cara yang berbeda saat Anda tidur. Itulah sebabnya sepadat apapun aktivitas harian Anda, tetaplah berusaha untuk mendapatkan tidur yang cukup

KESIMPULAN
Berikanlah waktu kepada tubuh anda untuk beristirahat karena Allah swt. menciptakan waktu malam untuk beristirahat. Ada pepatah yang mengatakan "Di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat". So, take care yourself.

Sumber refrensi:
vivanews.com
tropicanaslim.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tolong berikan komentar,kritik maupun masukan Anda, agar saya dapat mengetahuinya... O.K.